Gunung yang paling terkenal di Sumatera Utara

Rabu, 12 Oktober 2016

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi yang terkenal dengan danau toba, terkenal hingga penjuru dunia, Sumatera utara atau sering orang menyebutnya Sumut ini merupakan daerah yang memiliki beberapa gunung yang indah serta menarik untuk didaki. Gunung di sumut ini umumnya tersebar di kabupaten seperti Kabupaten Karo, Mandailing, Tapanuli Selatan dan Pakpak Bharat. 

Gunung yang terletak di Sumut ini sangat layak untuk didaki, Agar para penjelajah alam yang suka berpetualang namun belum mengetahui daftar gurung di sumatera utara yang wajib di daki,  kami akan mengulas beberapa daftar gunung yang sangat sayang jika Anda lewatkan

Berikut daftar gunung di sumatera utara:

1. Gunung Sinabung
Ketinggian Gunung Sinabung mencapai 2460 meter diatas permukaan laut menjadikan gunung ini menjadi gunung tertinggi di sumatera utara, Sinabung merupakan gunung favorit para pendaki hingga kemudian bencana meletusnya membuat para pendaki harus menahan diri hingga gunung ini benar benar aman. Untuk mencapai lokasi pendakian, Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, dari Kota Medan menempuh waktu sekitar 3 jam, untuk menuju puncak gunung sinabung dengan berjalan kaki menuju puncak gunung sekitar 4 jam perjalanan.

2. Gunung Sibuaten
Sibuaten merupakan sebuah gunung tertinggi di ke dua Sumatera Utara yang memiliki tinggi 2457 meter dari permukaan air laui, namum gunung ini sudah tidak aktif lagi. Gunung yang terletak di Kabupaten Karo tepatnya di Kecamatan Merek, memiliki view eksotis nan menggoda para pendaki serta akan membuat Anda betah berlama-lama mendirikan tenda di gunung ini. Para pendaki Sumut dan juga dari daerah lain mulai menggilai gunung setinggi 2457 sejak beberapa tahun belakangan ini. Rute menuju Gunung Sibuaten dapat melalui Medan - Kabanjahe - Merek - Gunung Sibuaten dengan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat dan 4-5 jam pendakian.

3. Gunung Sorik Marapi
Gunung Sorik Marapi merupakan salah satu gunung yang epik nan indah yang terletak di Kabupaten Mandailing Natal, keindahan dan pesona dari gunung Sorik Marapi telah banyak diminati oleh pendaki. Keindahan di gunung ini di tambah lagi dengan danau berwarna biru di kawah gunung sehingga Sorik Marapi kerap juga disebut Danau Tertinggi Di Sumatera Utara. Untuk menuju awal pendakian Anda membutuhkan waktu sekitar 22 jam perjalanan dari dari Kota Medan.serta pendakian darat membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan suguhan alam dan kehidupan pedesaan.

4. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak merupakan surga bagi para pendaki baik domestik maupun internasional gunung yang berada pada ketinggian 2.212 ini merupakan gunung yang familiar sebagai lokasi pendakian teraman untuk pemula. Gunung Sibayak semakin populer ketika Gunung Sinabung dilarang untuk di daki. Akses menuju gunung Sibayak cukup memadai, Membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Medan.

5. Gunung Simpon
Gunung Simpon merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi, Gunung yang memiliki ketinggian 1.325 meter diatas permukaan laut terletak di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Gunung Simpon merupakan surga bagi berbagai jenis flora dan fauna yang langka dan di lindungi. Salah satu tradisi menarik disini adalah kewajiban untuk mencuci muka di mata air kecil bernama Lae Eluh Berru Tinambunen. Dari puncak Gunung Simpon anda dapat menyaksikan keindahan landscape Kabupaten Pakpak Bharat.

6. Gunung Sibual-Buali
Gunung Sibual-Buali memiliki ketinggian sekitar 1819 dari atas permukaan laut, merupakan gunung yang bisa di jadikan referensi bagi pendaki pemula. Selain itu Sibual-Buali memiliki keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan ke 6 gunung lainnya di Sumut yakni keberadaan Haritte.

7. Gunung Lubuk Raya
Puncak Gunung Lubuk Raya memiliki ketinggian 1618 dari atas permukaan laut. Keindahan panorama Gunung Lubuk Raya memang benar-benar memukau mata pendaki. Perjalanan dapat ditempuh melalui rute Kota Medan - Sipirok - Lubuk Raya dengan menghabiskan waktu sekitar 20 jam perjalanan menggunakan transportasi dan 3 perjalanan menuju puncak Gunung Lubuk Raya.