Pusat Oleh - Oleh di Kota Medan

Sabtu, 15 Oktober 2016

Pusat Oleh-Oleh Khas Kota Medan : Berkunjung ke suatu tempat, rasanya kurang pas kalau tak membawa oleh-oleh saat pulang. Biasanya yang dijadikan oleh-oleh adalah sesuatu yang khas dari kota yang dikunjungi. Entah itu makanan, pernak-pernik, maupun yang lainnya.

Asiknya itu jika dalam sebuah kota terdapat tempat yang menjadi pusat oleh-oleh. Jadi di kawasan tersebut, berbagai jenis oleh-oleh khas tersedia. Kita tinggal memilih sesuai selera dan budget di kantong. Tidak perlu berpindah dari satu alamat ke alamat lain. selain menghemat ongkos, mengurangi risiko nyasar bagi mereka yang baru pertama kali berkunjung, juga sekaligus bisa dijadikan spot wisata.

Di Medan, belum ada kawasan seperti yang saya sebutkan di atas. Kalaupun ada, hanya terbatas pada penjualan makanan saja. Kawasan tersebut adalah kawasan di sepanjang jalan Mojopahit Medan. Di jalan Mojopahit, terdapat banyak toko yang menjual bika ambon. Meski namanya Bika Ambon, namun makanan ini adalah makanan khas kota Medan loh. Makanan berwarna kuning ini banyak sekali dicari untuk dijadikan buah tangan. Saya termasuk yang sering membawa Bika Ambon saat hendak pulang kampung di Asahan.
Tak melulu menjual Bika Ambon, ada juga Lapis Legit dan aneka manisan buah yang dijual di toko-toko di jalan Mohopahit Medan. Selain Bika Ambon, Lapis Legit, dan Manisan buah di kawasan jalan Mojopahit, masih ada oleh-oleh lainnya khas Medan/Sumut, beberapa di antaranya bisa dilihat di bawah ini :
Bolu Meranti
Sebenarnya Meranti adalah brand. Dan produk mereka yang terkenal adalah bolu gulung. Jadilah Bolu Meranti terkenal. Sama seperti Bika Ambon Zulaikha yang lebih terkenal dibanding produsen bika ambon lainnya.
Bolu gulung Meranti menyediakan bolu gulung yang lembut dengan berbagai varian rasa. Bolu Gulung Meranti berada di jalan Kruing no 2K Medan dan jalan SM. Raja no 19B Medan. Untuk toko di jalan Kruing biasanya pagi-pagi sekali sudah buka. Saya pernah datang jam 7 pagi dan ternyata disana sudah ramai. Tapi untuk toko di jalan SM. Raja Biasa buka lebih siang.
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : bolu meranti
Jam 7 pagi ke Bolu Meranti yang di jalan Kruing, kirain belum buka, ternyata sudah. Dan foto di atas lah hasilnya :

Pancake Durian
Sudah tau dong kalau Medan terkenal dengan buah duriannya yang selalu ada tanpa kenal musim dan rasanya selalu memuaskan. Tapi membawa buah durian rasanya akan merepotkan dengan duri-durinya yang tajam. Lagi pula belum apa-apa pasti sudah tertahan oleh petugas bandara.
Trus kalau ingin bawa oleh-oleh durian gimana dong?! Tenang. Bawa saja pancake durian. Pancake dengan isi daging durian ini menjadi alternative buat para penyuka durian. Nggak perlu repot bawanya. Nggak perlu ribet juga saat membukanya. Tinggal buka kemasan, dan pancake durian pun lumer di dalam mulut, yummiii..


Pancake durian saat awal beli, masih beku. Ini sungguh menggiurkan bagi saya sodara-sodara :D

Sate Kerang Rahmat
Sebenarnya yang terkenal dengan kerangnya itu Tanjungbalai. Salah satu kotamadya yang masuk dalam wilayah Sumut. Nah di Medan ada sate kerang dengan rasanya yang maknyus… endes, dengan ukuran kerang yang lumayan dan bumbu yang mantap. Menggunakan kerang buluh yang berasal dari Tanjungbalai. Namanya Sate Kerang Rahmat. Saking mantapnya, banyak yang menjadikan Sate Kerang Rahmat sebagai oleh-oleh. Oh iya, Sate Kerang Rahmat berada di jalan Gatot Subroto No 14 Medan.

Dulu awalnya di jalan PWS, sekarang sudah di Jalan Gatot Subroto No 14 (foto : sarihusada[dot]co[dot]id)

Sirup Markisa Noerlen
Jangan heran jika harga sebotol sebotol sirup markisa merk Noerlen beda jauh dengan yang banyak dijual di pasaran. Untuk botol ukuran 330 ml saja dihargai 45 ribu rupiah (harga tahun 2015, saat saya berkunjung). Karena rasanya juga sudah pasti berbeda dan lebih enak. Sirup Markisa Noerlen adalah sirup markisa yang merupakan produk rumahan. Home industry gitu deh. Bahannya juga hanya menggunakan markisa yang berasal dari Berastagi yang memang terkenal dengan kualitas rasanya yang jempolan. Sirup Noerlen mengunakan gula murni, tanpa essence, pengawet maupun pewarna.

Sirup Markisa Noerlen bisa dibeli di outlet Brownies Amanda dan Royyan Rambutan House (Jl.Lintas Raya Kualanamu).
PUSAT OLEH-OLEH KHAS KOTA MEDAN : markisa noerlen
Selain sirup markisa, ada selai markisa juga loh

Tauko Medan
Tauko Medan menjual T-Shirt, tas, topi dan pernak pernik dengan kata-kata menggunakan bahasa khas Medan yang terkenal blak-blakan. Selain menggunakan bahasa ala Medan, disain dari produk-produk Tauko Medan juga memasukkan unsur yang khas Medan. Seperti bangunan maupun aksara Batak.
Tauko Medan : Dimana bumi dipijak, disitu Medan dijunjung!! :D

Yaps,,, itulah beberapa oleh-oleh khas Medan. Kalau kalian berkunjung ke kota Medan, jangan lupa bawa oleh-oleh ya saat pulang ke rumah :)