Salah satu daerah yang terdapat di Sumatera Utara

Minggu, 16 Oktober 2016


KOTA GUNUNGSITOLI
VISI DAN MISI KOTA GUNUNGSITOLI

VISI   :   “TERWUJUDNYA GUNUNGSITOLI KOTA SAMAERI”

MISI   :

MENYATUKAN LANGKAH DAN TEKAD SEGENAP RAKYAT KOTA GUNUNGSITOLI MENUJU KOTA MANDIRI DAN MASYARAKAT MADANI
MEMPERJUANGKAN KESEJAHTERAAN UMUM MASYARAKAT KOTA GUNUNGSITOLI
MENCERDASAKAN KEHIDUPAN RAKYAT KOTA GUNUNGSITOLI
MEMBERDAYAKAN SEMUA SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MEMPERCEPAT PEMBANGUNAN KOTA GUNUNGSITOLI

Letak Geografis Wilayah Kota Gunung Sitoli

Kota Gunungsitoli merupakan pemekaran dari Kabupaten Nias  sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 yang terdiri atas 6 (enam) kecamatan, yaitu Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kecamatan Gunungsitoli Alo’oa, Kecamatan Gunungsitoli, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kecamatan Gunungsitoli Barat, dan Kecamatan Gunungsitoli Idanoi. Kota Gunungsitoli memiliki luas 469,36 km² sesuai dengan data Badan Pusat Statistik Tahun 2010 (0,38 % dari luas wilayah Propinsi Sumatera Utara). Dari 6 (enam) Kecamatan yang terdapat di wilayah Kota Gunungsitoli tersebut terdapat 98 (sembilan puluh delapan) desa dan 3 (tiga) kelurahan, serta sebanyak 27 desa/kelurahan (27 %) terletak di daerah pantai, dan 74 desa/kelurahan (73 %) berada di daerah bukan pantai/pegunungan.

Kota Gunungsitoli terletak di sebelah barat Pulau Sumatera, yang secara geografis terletak antara 00°12’-1°32’ Lintang Utara (LU) dan 970°00’- 980°00’ Bujur Timur (BT). Kota Gunungsitoli merupakan salah satu daerah kota di Propinsi Sumatera Utara yang mempunyai jarak ± 85 mil laut dari Sibolga (daerah Propinsi Sumatera Utara). Batas-batas administrasi Kota Gunungsitoli adalah :

  • Sebelah Utara Kecamatan Sitolu Öri (Kabupaten Nias Utara)
  • Sebelah Timur Samudera Indonesia
  • Sebelah Selatan Kecamatan Gidö dan Kecamatan Hiliserangkai (Kabupaten Nias)
  • Sebelah Barat Kecamatan Hiliduho (Kabupaten Nias) serta Kecamatan Alasa Talumuzöi dan Kecamatan Namöhalu Esiwa (Kabupaten Nias Utara)

Kependudukan Wilayah Kota Gunung Sitoli

Jumlah penduduk Kota Gunungsitoli pada tahun 2010 adalah 130.380 jiwa. Jumlah penduduk ini tersebar di 6 (enam) Kecamatan. Jumlah penduduk di Kota Gunungsitoli sebagian besar terkonsentrasi di Kecamatan Gunungsitoli sebagai akibat dari kedudukan Kecamatan Gunungsitoli sebagai ibukota Gunungsitoli dengan tingkat kegiatan perekonomian yang tinggi dan didukung ketersediaan sarana dan prasarana yang lebih memadai dari Kecamatan sekitar.

Pemerintahan

Kota Gunungsitoli dipimpin oleh Drs. MARTINUS LASE, MSP sebagai Walikota dan Drs. ARONI ZENDRATO Sebagai Wakil Walikota yang terpilih secara langsung melalui Pemilihan Kepala Daerah pada Tahun 2011. Adapun Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli yaitu EDISON ZILIWU.